Sabtu, 10 Desember 2011

Spesialisasi STAN

STAN merupakan kampus yang unik, salah satunya karena tidak menggunakan kata "jurusan", namun SPESIALISASI.


Terdapat 6 spesialisasi resmi di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, yaitu :

1. Akuntansi
Kita akan belajar tentang pencatatan, laporan keuangan, laporan laba rugi, neraca, dll. Jumlah peminatnya banyak, namun seimbang dengan kuota per tahunnya yang juga banyak, bahkan pada tahun 2010 mencapai 1000 lebih mahasiswa. Setelah lulus, spes Akun bisa ditempatkan di Instansi manapun karena sifatnya yang umum dan dibutuhkan di setiap instansi.

2. Pajak
Siapa tak kenal pajak? Disini kita akan belajar semua hal terkait perpajakan. Ada PPh, PPN, PBB, dan segala macam pajak lainnya. Kuota mahasiswa mencapai 900 orang untuk tahun 2010. Setelah lulus, biasanya alumni jurusan Pajak akan ditempatkan di Ditjen Pajak. Tapi, tetap ada kemungkinan ditempatkan di instansi lain loh.

3. Perbendaharaan Negara
Spes ini HANYA ada di STAN karena memang disini kita belajar tentang penganggaran, APBN, barang milik negara, pengelolaan keuangan negara, dan segala macam tentang keuangan negara. Kuota tahun 2010 mencapai 300 orang. Setelah lulus, penempatan alumni spes ini di proyeksikan ke DJPU, DJPK, DJPB, DJA, BPPK, BPK, dll.

4. Bea Cukai
Spes ini pun HANYA ada di STAN, dan HANYA untuk kaum adam (red: laki-laki), karena nantinya akan ditempatkan di daerah pelabuha, bandara, perbatasan, dll. Disini belajar tentang kepabeanan dan cukai, walaupun juga ada pendidikan yang mengarah ke 'Militer'. Proyeksi alumni spes ini kedepan akan ditempatkan di DJBC (tentu saja). 

5. PBB
Spes ini lebih spesifik dari spes pajak. Bisa dibilang ini spes teknik-nya STAN. Karena disini kita akan belajar bagaimana menilai suatu aset (tanah dan/atau bangunan) serta menghitung berapa besarnya pajak bumi dan bangunan. Proyeksi alumni spes ini akan ditempatkan di Ditjen Pajak ataupun DJKN. Kuota tahun 2010 ada 35 orang.

6. Piutang Lelang
Spes ini belajar tentang segala macam kekayaan milik negara, bagaimana cara mendapatkannya, serta menghapuskannya. Kuota tahun 2010 mencapai 50 orang lebih. Proyeksi alumni spes ini kedepan akan ditempatkan di Ditjen Kekayaan Negara dan tidak menutup kemungkinan akan ditempatkan di instansi lain.


So, sudah jelas?
Atau masih bingung?

Sok mangga, konsultasi ke kami

Galuh
0856 948 602 59

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons